Pages

Selasa, 29 November 2011

Chapter 15: Is Artificial Intelligence Real?




1.) Explain the two basic approaches of artificial intelligence research.
Dua pendekatan dasar tersebut adalah bottom-up dan top-down.Dimana pendekatan bottom-up dengan AI yang akan dibangun dengan neuron otak manusia ke dalam replika elektronik dan sedangkan pendekatan top-down percaya program komputer untuk meniru perilaku otak. Keduanya adalah metode utama yang digunakan untuk membuat berbagai program, seperti penelitian berkembang dalam pengembangan teori AI lebih kompleks dan metode yang mulai datang dalam penggunaan dan sekarang para ilmuwan sibuk membangun program AI yang lebih kuat dengan ini.

2.) Describe several hard problems that artificial intelligence research has not yet been able to solve.
 Mengambil "Sebuah mesin dapat bertindak cerdas" sebagai hipotesis kerja , banyak peneliti telah berusaha untuk membangun mesin tersebut.

Masalah umum simulasi (atau menciptakan) intelijen telah dipecah menjadi sejumlah tertentu sub-masalah . Ini terdiri dari ciri-ciri tertentu atau kemampuan yang peneliti ingin sistem yang cerdas untuk ditampilkan. Ciri-ciri yang dijelaskan di bawah ini telah menerima perhatian yang besar.
o    Kreativitas
Sebuah sub-bidang AI alamat kreativitas baik secara teori (dari perspektif filosofis dan psikologis) dan praktis (melalui implementasi spesifik dari sistem yang menghasilkan output yang dapat dianggap kreatif, atau sistem yang mengidentifikasi dan menilai kreativitas).
o    Pengurangan, penalaran, pemecahan masalah
o    Pengetahuan representasi
Standar penalaran dan masalah kualifikasi
Banyak hal yang orang tahu mengambil bentuk "asumsi bekerja." John McCarthy mengidentifikasi masalah ini pada tahun 1969  sebagai masalah kualifikasi: untuk setiap aturan akal sehat bahwa AI peneliti perawatan untuk mewakili, ada cenderung menjadi sejumlah besar pengecualian. Hampir tidak ada yang hanya benar atau salah dalam cara yang abstrakPenelitian AI telah dieksplorasi sejumlah solusi untuk masalah ini. 
Luasnya pengetahuan akal sehat
Proyek penelitian yang berusaha untuk membangun basis pengetahuan lengkap tentang pengetahuan akal sehat (misalnya, Cyc ) memerlukan sejumlah tenaga rekayasa ontologis - mereka harus dibangun, dengan tangan, satu konsep yang rumit pada suatu waktu. Tujuan utama adalah memiliki komputer memahami konsep-konsep yang cukup untuk dapat belajar dengan membaca dari sumber-sumber seperti internet, dan dengan demikian dapat menambah ontologi sendiri.
o    Gerak dan Manipulasi
Intelijen diperlukan untuk robot untuk dapat menangani tugas-tugas seperti manipulasi objek dan navigasi , dengan sub-masalah lokalisasi (mengetahui dimana Anda berada), pemetaan (belajar apa yang ada di sekitar Anda) dan perencanaan gerak
o    Persepsi
adalah kemampuan untuk menggunakan input dari sensor (seperti kamera, mikrofon, sonar dan lain-lain lebih eksotis) untuk menyimpulkan aspek dunia.
o    Perencanaan
Dalam masalah perencanaan klasik, agen dapat mengasumsikan bahwa itu adalah hal yang hanya bertindak pada dunia dan bisa memastikan apa konsekuensi dari tindakannya mungkin. Namun, jika hal ini tidak benar, secara berkala harus memeriksa apakah prediksi pertandingan dunia dan harus mengubah rencana sebagai ini menjadi perlu, membutuhkan agen untuk alasan di bawah ketidakpastian.
o    Sosial Intelejen
Emosi dan keterampilan sosial [76] memainkan dua peran untuk sebuah agen cerdas. Pertama, harus mampu memprediksi tindakan orang lain, dengan memahami motif mereka dan negara emosional.  (Ini melibatkan unsur-unsur teori permainan , teori keputusan , serta kemampuan untuk model emosi manusia dan keterampilan persepsi untuk mendeteksi emosi.)
o    Pengolahan bahasa asing

3.) Describe several practical applications of artificial intelligence.
-Perencanaan algoritma pencarian melalui pohon tujuan dan subgoals, mencoba untuk menemukan jalan untuk tujuan sasaran.
-Pencarian lokal dalam ruang konfigurasi digunakan dalam Robotika algoritma untuk memindahkan anggota badan dan memegang benda-benda.
-Heuristik,menghilangkan pilihan yang tidak mungkin mengarah ketujuan.
-mesin kecerdasan umum, perilaku percakapan, data mining, mobil driverless, robot sepak bola dan permainan.
-Platform (atau " platform komputasi ") didefinisikan sebagai" semacam arsitektur perangkat keras atau kerangka kerja perangkat lunak (termasuk kerangka aplikasi), yang memungkinkan perangkat lunak untuk menjalankan. Seperti Rodney Brooks  menunjukkan bertahun-tahun lalu, tidak hanya perangkat lunak kecerdasan buatan yang mendefinisikan fitur AI dari platform, melainkan platform yang sebenarnya itu sendiri yang mempengaruhi AI yang hasil, yaitu, kita  membutuhkan untuk dapat bekerja keluar masalah AI pada platform dunia nyata bukan dalam isolasi.
Berbagai macam platform telah memungkinkan aspek yang berbeda dari AI untuk mengembangkan, mulai dari sistem pakar , meskipun PC berbasis tapi masih keseluruhan dunia nyata sistem, untuk berbagai platform robot seperti banyak tersedia Roomba dengan antarmuka terbuka.

4.) Explain what robots are and give several examples illustrating what they can—and can’t—do.
Robot adalah sebuah mesin berbasis komputer yang dapat digunakan untuk meringankan pekerjaan manusia.
-    Robot pemain violint
-    Robot pada industri, contoh pada pabrik pembuatan mobil, mobil-mobil yang dibuat tidak akan memiliki kepresisian yang tinggi jika proses pengerjaannya dilakukan oleh manusia, karena manusia memiliki rasa lelah jika bekerja secara terus menerus dan pada saat lelah ketelitian pekerjaan yang dilakukan dapat berkurang lain halnya jika pekerjaan tersebut dilakukan oleh robot, mobil-mobil yang dibuat akan memiliki kepresisian cukup baik selain waktu yang diperlukan untuk proses pembuatan akan relatif lebih cepat jika pekerjaan tersebut dilakukan oleh tangan manusia.
-    Sebagai tenaga kerja yang berkinerja tinggi dan dapat bekerja 24 jam
-    Untuk menjalankan pekerjaan yang memerlukan ketelitian tinggi.
-    Membantu manusia dalam melakukan eksperimen ilmiah di luar angkasa
-    Sebagai penyalur hobby : Robot line tracer
-    Penjinak bom, bahan radioaktif lainnya.
-    Sebagai media entertainment (hiburan) bagi manusia.

Chapter 6: Graphics, Digital Media, and Multimedia

1.)    Compare and contrast several types of computer graphics programs used by artists, photographers, designers, and others.
·          a. Software untuk melukis
            - Melukis dalam bentuk piksel dengan bantuan pointer
            - Gerakan pointer diterjemahkan ke dalam garis dan pola pada layar.
            - Menyimpan gambar dengan ukuran 300 dpi atau lebih.

              b. Adobe Photoshop
            - Lebih canggih daripada teknik retouching foto secara tradisional
            - Dapat mengubah dan menggabungkan foto seperti yang ditunjukkan di tabloid.
            - Dapat membuat gambar yang dibuat tidak menunjukkan adanya bukti kerusakan.

           c. Software photo management
            menyederhanakan dan mengotomatisasi tugas-tugas umum yang terkait dengan menangkap, mengatur, mengedit, dan berbagi gambar-gambar digital.
   d. Software Corel Draw
 
2.)    Explain how computers are changing the way professionals
and amateurs work with video, animation, audio, and music.

·         Kemajuan komputer dalam grafis ikut mengubah cara amatir dan profesional bekerja. Perkembangan komputer dalam bidang grafis dimulai dengan adanya software grafis yang menyimpan gambar sebagai kumpulan dari garis dan bentuk (disebur sebagai object-orientedatau vector graphics) dan mempunyai banyak drawing tools. Lalu muncul software bit-mapped painting yang mempunyai beberapa kelebihan, yaitu kontrol lebih atas tekstur, shading,dandetail halus.
Beberapa program mempunyai modul modul menggambar dan melukis yang             memungkinkan kita untuk memilih alat yang tepat untuk setiap pekerjaan dan          menawarkan kemungkinan baru bagi ilustrator amatir dan profesional.

3. )Describe several ways that computers are used to create multimedia materials in the arts, entertainment, education, and business

·         Beberapa software 3D Modelling sering digunakan untuk mendesain bangunan, mobil dan beberapa produk lainnya.
      Corel DRAW atau Adobe Photoshop sering digunakan untuk mendesain logo, poster, dll.

4.)Explain the relationship between hypermedia and multimedia, describing applications of each.

·         Hypermedia menggabungkan teks, angka, grafik, animasi efek suara, musik, dan medialainnya di dokumen hyperlink. Hypermedia berguna untuk bantuan on-line file.
          Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
          Multimedia adalah istilah yang lebih luas, yang dapat digunakan untuk menjelaskan presentasi non-interaktif linier serta hypermedia. World Wide Web adalah contoh klasik dari hypermedia, sedangkan non-interactive cinema presentation adalah contoh dari multimedia standarkarena tidak adanya hyperlink.
5.)Describe several present and future applications for multimedia technology.
-  Augmented Reality,menampilkan komputer yang menambahkan informasi virtual untuk persepsi sensorik seseorang.
-Virtual Reality
- Menempatkan beberapa orang dalam sebuah ruang virtual.
- Orang melihat representasi dari masing-masing, kadang-kadang disebut avatar.
-   Tele-Immersion
-   Menggunakan beberapa kamera dan jaringan berkecepatan tinggi untuk menciptakanlingkungan video conference di mana pengguna dapat beberapa remote berinteraksi satu sama lain dan dengan benda yang dihasilkan computer.
-   Menggabungkan teknik tampilan dan interaksi dari virtual reality dengan
visi baru teknologi yang memungkinkan peserta untuk bergerak dalam shared virtual spaces, sambil mempertahankan poin unik pandang mereka.

Chapter 9: The Evolving Internet

1.) Explain how and why the Internet was created. 


Internet (Interconnected Computer Network) merupakan jaringan global dari jaringan yang menghubungkan semua jenis komputer di seluruh dunia. Jaringan ini tumbuh dari jaringan riset militer yang dirancang untuk menyediakan komunikasi yang handal bahkan jika bagian dari jaringan gagal. Internet menggunakan protokol standar untuk memungkinkan komunikasi internet terjadi. Tidak ada organisasi tunggal memiliki atau mengendalikan Internet.

2.) Describe the technology that’s at the heart of the Internet.

Transmission Control Protocol/Internet Protocol, TCP/IP adalah salah satu protokol inti dari Internet Protocol Suite. TCP adalah salah satu dari dua komponen asli suite, melengkapi Internet Protocol (IP), dan karena itu seluruh paket sering disebut sebagai TCP / IP. TCP menyediakan handal, pengiriman memerintahkan dari aliran byte dari sebuah program pada satu komputer ke program lain pada komputer lain. TCP merupakan protokol yang aplikasi Internet utama seperti World Wide Web, administrasi email, remote dan transfer file mengandalkan. Aplikasi lain, yang tidak memerlukan layanan handal aliran data, dapat menggunakan User Datagram Protocol (UDP), yang menyediakan layanan datagram yang menekankan latensi berkurang selama kehandalan.

3.) Describe the technology that makes the Web work as a multimedia mass medium.
Peer-to-peer dipopulerkan oleh layanan berbagi musik, tapi aplikasi yang melampaui berbagi musik.Banyak perusahaan mencari cara untuk menerapkan teknologi P2P. Komputasi grid komputasimelampaui P2P dengan memungkinkan orang untuk berbagi kekuasaan prosesor dengan orang lain.Beberapa organisasi yang bekerja untuk membangun sebuah model komputasi grid yang akan membuat Internet bekerja seperti utilitas bersama.

4.) Discuss the tools people use to build Web sites.
Halaman-halaman web hypertext awal yang sederhana halaman; hari ini World Wide Web berisi ribuan kompleks, media yang kaya struktur yang menawarkan pengunjung kekayaan pilihan. Webmenggunakan satu set protokol untuk membuat berbagai layanan Internet dan dokumen-dokumenmultimedia yang tersedia untuk pengguna melalui antarmuka titik-dan-klik sederhana. Halaman web umumnya dibangun menggunakan bahasa yang disebut HTML. Banyak web authoring toolmengotomatisasi pengkodean halaman HTML, sehingga mudah bagi nonprogrammers untuk menulis dan mempublikasikan halaman mereka sendiri. Bahasa lain dan teknik yang dikembangkan untukmemperluas kekuatan Web dengan cara yang melampaui kemampuan dari HTML. Saat ini sebagianbesar, situs Web interaktif yang database-driven, sehingga konten dapat diperbarui secara otomatis.

5.) Discuss the trends that are changing the Internet and the way people use it.
Paul McFedrie menunjukkan bahwa saat ini bersih adalah seperti suasana-di mana-mana dan perlu-dan harus disebut InfoSphere kita.
Masa depan internet tergantung pada keputusan yang kita, sebagai masyarakat, buat hari ini.
Net berkembang dari komunitas global menjadi global intelligence
Seiring Net berkembang, ia akan terus merubah hidup kita. Evolusi internet masih jauh dari kata usai.

6.) Discuss some of the most important social and political issues raised by the growth of the Internet.
Seiring Internet tumbuh dan berubah, isu-isu privasi, sensor keamanan, aktivitas kriminal, akses universal, dan perilaku Bersih tepat permukaan. Bahkan lebih banyak pertanyaan akan muncul ketika semua jenis perangkat elektronik yang terpasang ke Web, berkomunikasi dengan satu sama lain dari rumah kita, kantor kami, dan kendaraan kita. Berikut masalah yang muncul.
Penyaringan perangkat lunak untuk memerangi konten yang tidak patut
Digital uang tunai untuk melakukan transaksi online lebih mudah dan aman
Enkripsi perangkat lunak untuk mencegah pencurian kartu kredit
Tanda tangan digital untuk mencegah pemalsuan email
Akses dan sensor
Kesenjangan digital

7.) Describe various ways that governments restrict access to the Internet.
Pemerintah akan memblokir situs yang terdeteksi dan tergolong tidak pantas dikonsumsi secara umum, dan tidak memenuhi syarat publishing (etika, moral, norma dst). Dan jikalau ada situs yang masih beredar, maka akan dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang pornografi.

Pentingnya Apoteker

Bismillah..

Kesehatan merupakan bagian penting dalam hidup. " Sehat itu mahal". Banyak orang-orang akan melakukan apapun, mengupayakan dana berapa pun demi kesehatan. Kesehatan sering dikaitkan dengan pelayanan kesehatan, dokter, apoteker, perawat.

Dalam sistem kesehatan konvesional sebagaimana berjalan di Indonesia, terdapat " garis demarkasi" yang tegas.(Endang K:2011). Dokter yang bertugas mendiagnosa penyakit, kemudian menentukan jenis obat yang diperlukan, sedangkan apoteker bertugas untuk memberikan obat kepada pasien, dan membantu dokter untuk menentukan jenis obat yang sesuai. Pada kenyataanya masih banyak pasien yang makin parah penyakitnya, entah itu karena kesalahan pemberian obat, efek samping dari obat tersebut, ataupun ketidakfahaman pasien tentang cara pemakaian obat.

Pada suatu ketika, saya pernah menginap di rumah sakit. Selain menunggu ibu yang sedang sakit, tujuan saya yaitu mengamati kinerja apoteker di rumah sakit tersebut. Mengapa? karena saya ingin tau seberapa penting kah apoteker bagi kesembuhan pasien. Setelah saya amati, saya sangat down dan sempat ngiris karena apoteker hanya bekerja di instalasi farmasi. Padahal, seharusnya seorang apoteker bertugas memberikan konseling kepada pasien dan memiliki andil untuk ikut menentukan jenis obat yang sesuai seperti yang telah dilakukan oleh negara di mancanegara sana. Jadi sebenarnya apa saja pekerjaan seorang farmasi, apakah hanya kerja di Industri dan meracik obat?

Saya ingin share ilmu yang saya dapat dari acara Stadium Generale tentang penyalahan obat di masyarakat dan peran farmasi di dalamnya.

Menurut PP No. 51/ 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian,pelayanan kefarmasian merupakan pelayanan langsung dan bertangguang jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien.

Seorang apoteker memiliki tanggung jawab terhadap pelayanan dalam hal pengkajian resep, dispensing, pelayanan informasi obat, konseling, visite, pemantauan terapi obat, pelaporan efek samping obat, pemantauan kadar obat dalam darah, dan home pharmacy care.

Pemberian obat seharusnya dilakukan bersama apoteker, mengapa? karena apateker yang lebih mengetahui tentang efek samping, precaution, mekanisme kerja, farmakokinetik, indikasi obat. Selama ini, banyak tejadi pemberian obat yang tidak rasional maksudnya obat yang  sebenarnya tidak diperlukan untuk penyakit tersebut, dan dalam beberapa jenis obat yang diberikan, ternyata kandungan di dalamnya itu sama. Ibu Endang menuturkan, beliau pernah menemukan kasus, seorang pasien akan menebus resep di apotek beliau, ketika di baca, obat-obat tersebut hanyalah vitamin-vitamin yang sebenarnya memiliki indikasi yang sama, padahal harganya sangatlah mahal. Ibu Endang meminta sang pasien untuk kembali kepada sang dokter dan menanyakan hali ini padanya. Selain itu, saat saya di rumah sakit, saya sempat heran karena saya melihat banyak sekali obat yang harus diminum oleh ibu saya, padahal ia hanya operasi jari kaki saja. Ada yang sampai obat maag segala, karena saya belum mengerti tentang hal itu maka saya tidak berani protes dan ketidak adaan waktu untuk menanyakan kepada sang apoteker.

Seringkali pasien tidaklah pernah tau obat apa yang diberikan dan mengapa ia diberi obat demikian. Menilik itu, sangatlah perlu diadakannya konseling obat oleh apoteker, namun pada kenyataannya di Indonesia hal itu barulah sebuah Peraturan Pemerintah yang belum terlaksana karena masih adanya perbedaan paradigma tentang pekerjaan kefarmasian oleh dokter. Dokter masih belum sepenuhnya percaya akan kemampuan apoteker, oleh karena itu apoteker di harapkan lebih profesional lagi dan terus mengembangkan keahlian dan meng-update ilmu pengetahuan..